Belajar Ilmu Syar'i dan Ilmu duniawi bersama Abuzahra

Ilmu Akhirat dan Dunia Haruslah Seimbang

Televisi dan Bahayanya

Tinggalkan komentar

[PengaRuh nOntOn TV pada anak-anak ]
http://dranak.blogspot.com/2007/05/pengaruh-nonton-tv-pada-anak-anak.html

  • PengaRuh Media teRhadap anak makin besaR, teknOlOgi semakin canggih & intensitasnya semakin tinggi. Padahal ORangtua tidak punya waktu yang cukup untuk memeRhatikan, mendampingi & mengawasi anak. Anak lebih banyak menghabiskan waktu menOntOn TV ketimbang melakukan hal lainnya. Dalam seminggu anak menOntOn TV sekitaR 170 jam. Apa yang meReka pelajaRi selama itu? MeReka akan belajaR bahwa kekeRasan itu menyelesaikan masalah. MeReka juga belajaR untuk duduk di Rumah dan menOntOn, bukannya beRmain di luaR dan beROlahRaga. Hal ini menjauhkan meReka daRi pelajaRan-pelajaRan hidup yang penting, sepeRti bagaimana caRa beRinteRaksi dengan teman sebaya, belajaR caRa beRkOmpROmi dan beRbagi di dunia yang penuh dengan ORang lain.
  • Kenapa Kita HaRus MenguRangi MenOntOn TV?
    • BeRpengaRuh teRhadap peRkembangan Otak
    • MendOROng anak menjadi kOnsumtif
    • BeRpengaRuh teRhadap Sikap
    • MenguRangi semangat belajaR
    • Membentuk pOla pikiR sedeRhana
    • MenguRangi kOnsentRasi
    • MenguRangi kReativitas
    • Meningkatkan kemungkinan Obesitas (kegemukan)
    • MeRenggangkan hubungan antaR anggOta keluaRga
    • Matang secaRa seksual lebih cepat
  • Dengan TV dalam keadaan mati, kita jadi memiliki kesempatan untuk beRpikiR, membaca, beRkReasi dan melakukan sesuatu. Untuk menjalin hubungan yang lebih menyenangkan dalam keluaRga dan masyaRakat. MenguRangi waktu menOntOn TV membuat kita mempunyai lebih banyak waktu untuk beRmain di luaR, beRjalan-jalan atau melakukan OlahRaga yang kita senangi.
  • Yang dapat di lakukan dengan HARI TANPA TV:
    • PeRgi ke peRpustakaan atau ke tOkO buku teRdekat
    • BeRcOcOk tanam
    • BeRmain
    • Melihat awan
    • Menulis suRat
    • Jalan-jalan
    • BeRenang
    • BeRsepeda
    • MendengaRkan RadiO atau membaca kORan
    • Memasak beRsama ibu
    • Bikin lOmba antaR RT
    • BeROlahRaga
    • Bakti sOsial
    • Rapikan Rumah dan halaman
    • Ambil les
    • BeRcengkRama dengan keluaRga
    • BelajaR
    • MengeRjakan keteRampilan tangan
    • Ke kebun binatang atau musium
  • Tips caRa mematikan TV:
    • Pindahkan TV ke tempat yang tidak begitu ‘mencOlOk’
    • Matikan TV pada waktu makan.
    • Tentukan haRi-haRi apa saja dalam seminggu yang akan dilalui tanpa TV.
    • Jangan gunakan kesempatan menOntOn TV sebagai hadiah.
    • BeRhenti beRlangganan channel tambahan (cable, dll) dan gunakan uangnya untuk membeli hal-hal yang beRguna lainnya, sepeRti buku.
    • Pindahkan TV daRi kamaR anak Anda.
    • Sembunyikan RemOte cOntROlnya.
    • Tidak ada TV di haRi sekOlah.
  • Jangan teRlalu khawatiR bila anak mengaku bOsan, kaRena kebOsanan itu lama-lama akan menghilang dan biasanya justRu menciptakan kReativitas. KaRena anak banyak dipengaRuhi dengan yang dilakukan ORangtua meReka, adalah sangat penting untuk mempeRhatikan bahwa usaha apa saja, sepeRti lebih banyak beROlahRaga, mengOnsumsi makanan yang lebih beRgizi atau menOntOn TV lebih sedikit, dilakukan sebagai ‘acaRa keluaRga’ sehingga mematikan TV adalah usaha yang dilakukan Oleh setiap anggOta keluaRga untuk menyisihkan waktu beRcengkRama beRsama.

[agaR anak teRhindaR daRi bahaya tv]
http://www.tipstrik.com/tips-keluarga/agar-anak-terhindar-dari-bahaya-tv.html

  • MenuRut sebuah suRvey yang diRilis Oleh sebuah haRian umum nasiOnal, acaRa televisi di IndOnesia teRnyata 86 peRsennya meRupakan acaRa-acaRa yang amORal dan membahayakan bagi mentalitas dan peRkembangan jiwa anak. SementaRa 14 peRsen sisanya masih mengandung unsuR pendidikan dan mORal. FenOmena sepeRti itu ditemukan bukan hanya pada pROgRam yang dipeRuntukkan bagi nOn anak-anak. AcaRa yang dilabeli sebagai acaRa-acaRa anak pun tak luput daRi minimnya pesan mORal dan pendidikan yang diusung. Apalagi pesan-pesan agama.
  • Kadang aku ceRitakan di kORan ada beRita ini itu yang menyebutkan bahayanya acaRa TV bagi anak-anak. DaRi situ aku mulai tawaRkan sebuah janji dan kOmitmen. Saat itu, kOmitmennya kuRang lebih begini.
    1. Hanya nOntOn acaRa anak-anak
    2. Tidak lupa shalat dan ngaji
    3. Tidak lupa belajaR
    4. Bila melanggaR TV akan langsung dimatikan.
    Nah semua kOmitmen itu anakku sendiRi yang nulis di buku diaRi kecil yang aku belikkan untuknya. Dia tulis, SYARAH JANJI dst…..

[Nikmatnya Hidup Tanpa TV]
http://blogabumusa.com/?p=128=1

  • Apa manfaat TV bagi kehidupan kita? Untuk mengetahui infORmasi teRkini? apakah haRus dengan TV? Kan ada kORan, apalagi jaman sekaRang ada inteRnet. Dengan inteRnet kita bisa mengetahui infORmasi teRkini jauh lebih cepat dibanding TV.
  • Apa manfaat TV bagi kehidupan kita? Untuk hibuRan? Wahai kaum Muslimin, tidak cukupkah lantunan Al-QuR’an sebagai hibuRan hati kita? KeluaRga kita sebagai tempat melepas segala kepenatan?
  • Masuknya selingan pROgRam Al-QuR’an dan acaRa-acaRa keagamaan dalam Rangkaian acaRa teRsebut adalah salah satu bentuk kOmbinasi antaRa dua hal yang saling beRlawanan. Dan membeli TV untuk menyaksikan apa yang disebutkan diatas jelas haRam. Sebab menOntOn peRbuatan haRam hukumnya juga haRam. KaRena itulah, siapa saja yang memiliki TV dan mengetahui atau menuRut dugaannya bahwa diRinya tidak mampu menjauhi tayangan teRsebut, beRaRti dia telah beRsikeRas dan ngOtOt dalam (melakukan) sesuatu yang haRam.

[Bahaya TV pada Anak]
http://www.geocities.com/anandito_2000/special/250301-3.htm

  • ORang tua jangan teRkecOh dengan hanya menyensOR adegan seksual, misalnya ciuman. Adegan kekeRasan, mulai tembakan, tampaRan pipi, jeRit dan teRiakan, daRah, gebuk-gebukan peRlu juga disensOR.
  • ROn SOlby daRi UniveRsitas HaRvaRd mengatakan ada empat macam dampak kekeRasan dalam televisi teRhadap peRkembangan kepRibadian anak.
    1. dampak agResOR di mana sifat jahat daRi anak semakin meningkat;
    2. dampak kORban di mana anak menjadi penakut dan semakin sulit mempeRcayai ORang lain;
    3. dampak pemeRhati, di sini anak menjadi makin kuRang peduli teRhadap kesulitan ORang lain;
    4. dampak nafsu dengan meningkatnya keinginan anak untuk melihat atau melakukan kekeRasan dalam mengatasi setiap peRsOalan.
  • MenuRut Aletha HustOn, Ph.D. daRi UniveRsity Of Kansas, “Anak-anak yang menOntOn kekeRasan di TV lebih mudah dan lebih seRing memukul teman-temannya, tak mematuhi atuRan kelas, membiaRkan tugasnya tidak selesai, dan lebih tidak sabaR dibandingkan dengan anak yang tidak menOntOn kekeRasan di TV.”
  • Tak ada yang lebih baik daRipada keluaRga yang hangat, sekOlah yang beRmutu, dan masyaRakat yang peduli,” tutuR ahli peRilaku TOny ChaRltOn, yang memimpin kajian itu. “Kalau tiga aspek itu teRpenuhi, tak ada masalah dengan kekeRasan yang ditOntOn.”
  • Sikap ORang tua teRhadap TV akan mempengaRuhi peRilaku anak. Maka sebaiknya ORang tua lebih dulu membuat batasan pada diRinya sebelum menentukan batasan bagi anak-anaknya. Biasanya, di kala lelah atau bOsan dengan kegiatan Rumah, ORang tua suka menOntOn TV. Tetapi kalau itu tidak dilakukan dengan Rutin, aRtinya Anda bisa melakukan kegiatan lain kalau sedang jenuh, anak akan tahu ada banyak caRa beRaktivitas selain menOntOn TV.
  • Usahakan TV hanya menjadi bagian kecil daRi keseimbangan hidup anak. Yang penting, anak-anak peRlu punya cukup waktu untuk beRmain beRsama teman-teman dan mainannya, untuk membaca ceRita dan istiRahat, beRjalan-jalan dan menikmati makan beRsama keluaRga. SebenaRnya, umumnya anak-anak senang belajaR dengan melakukan beRbagai hal, baik sendiRi maupun beRsama ORang tuanya. Hal penting kedua adalah mengikutseRtakan anak dalam membuat batasan. Tetapkan apa, kapan, dan sebeRapa banyak acaRa TV yang ditOntOn. Tujuannya, agaR anak menjadikan kegiatan menOntOn TV hanya sebagai pilihan, bukan kebiasaan.
  • Anak yang sudah beRsekOlah haRus dibatasi, misalnya hanya bOleh menOntOn setelah mengeRjakan semua PR. BeRapa jam? MenuRut Jane MuRphy dan KaRen TuckeR – pROduseR acaRa TV anak-anak dan penulis – sebaiknya tidak lebih daRi dua jam sehaRi, itu teRmasuk main kOmputeR dan videO game. Untuk anak yang belum beRsekOlah atau seRing ditinggal ORang tuanya di Rumah, pORsinya mungkin bisa sedikit lebih banyak.

[Televisi dan Bahayanya]
http://www.wahdah.or.id/wis/index.php?option=com_content&task=view&id=1140&Itemid=190

  • Kenyataan yang kita lihat, mayORitas tayangan televisi saat ini adalah acaRa-acaRa yang dihaRamkan Oleh syaRiat Islam atau melalaikan manusia daRi hal-hal yang beRmanfaat, sepeRti shalat, menuntut ilmu, dan sebagainya.
  • Televisi memiliki andil yang sangat besaR dalam pendangkalan akidah kaum Muslimin. Televisi juga memiliki efek negatif tehadap akidah al wala’ wal baRa’. MeRupakan hal-hal yang dimaklumi bahwa di antaRa pOkOk-pOkOk akidah Islam adalah wajib membeRikan wala’ (lOyalitas) kepada setiap Muslim, dan baRa’ (beRlepas diRi) teRhadap ORang-ORang kafiR.
  • Televisi lagi-lagi memiliki andil dalam meRusak akidah anak-anak Islam. Buktinya saja, film kaRtun saat ini membeRikan pemahaman kepada anak-anak Islam yang beRtentangan dengan akidah anak-anak teRsebut, dan sekaligus mengagungkan keyakinan-keyakinan ORang-ORang kafiR dan musyRikin. COntOhnya sebuah film kaRtun yang sangat laRis pada saat ini yaitu AvataR, yang mana film teRsebut membeRikan pemahaman bahwa ilmu api, aiR, udaRa dan tanah itu ada, sehingga teRkadang anak-anak Islam pun meniRukannya. Inilah akidah-akidah ORang NasRani yang ditelan mentah-mentah Oleh anak-anak Islam yang meReka tidak mampu menepis syubhat-syubhat dan membantah kedustaan meReka. Lalu bagaimana kita tinggalkan meReka di hadapan aRus ghOzwul fikRi (peRang pemikiRan) yang menyeRang akal dan hati meReka? KaRena itu kepada paRa ORang tua, bOlehkah kita tinggalkan anak-anak kita di hadapan film kaRtun yang menghancuRkan akidah Islamiah dan tauhid yang shahih?
  • Televisi juga meRupakan saRana efektif bagi setan untuk membuat kaum Muslimin malas melakukan shalat, kaRena begitu banyak acaRa-acaRa yang di letakkan pada waktu-waktu shalat sehingga lebih banyak kaum Muslimin yang lebih memilih untuk duduk di depan televisi daRi pada menunaikan kewajiban teRhadap Penciptanya. Kalaupun dia beRangkat menunaikan shalat maka dia tidak bisa khusyuk kaRena pikiRannya masih beRada pada acaRa yang dilihatnya ketika hendak menunaikan shalat.
  • Maka beRangkat daRi bahaya media televisi teRsebut, kita haRus menggatinya dengan hal yang beRmanfaat sepeRti menuntut ilmu syaR’i, membaca Al-QuR’an, membaca buku-buku agama, CD/VCD islami dan hal-hal yang bisa mendatangkan maslahat bagi diRi kita sendiRi dan ORang lain. Wahai saudaRaku!! Kami mewasiatkan kepada diRi kami pRibadi dan kepada pembaca sekalian untuk meninggalkan hal-hal yang tidak beRmanfaat, yang dapat meRusak akidah kaum Muslimin.

[Waspada Bahaya Media HibuRan]
http://abuabyan.wordpress.com/2009/04/11/waspada-bahaya-media-hiburan/

  • Pemanfa’atan layaR kaca (TV, VidiO, TV Game dll) beRdasaRkan penelitian, ilmiah teRbukti menimbulkan dampak negatif. Di antaRanya padangan mata tak nORmal kaRena pengaRuh sinaR ultRa viOlet daRi kaca, tubuh menjadi malas, syaRaf teRganggu, kisah khayal dan peRtunjukkan beRefek negatif, dan lebih besaR daRi semua itu adalah peRtunjuk-kannya melanggaR syaRi’at dan meRusak mORal.
  • SecaRa jujuR kita katakan, bahwa memang ada bebaRapa hal pOsitif yang bisa disebutkan sehubungan dengan televisi. Namun daRi haRi kehaRi semakin banyak indikasi ilmiah yang menegaskan adanya dampak negatif daRi acaRa televisi melalui beRbagai tayangannya, teRutama bagi anak-anak kecil.
  • NicOlas Van ROgh, ketua Badan NasiOnal Pendidikan Anak dan PakaR Televisi di AmeRika seRikat menyatakan: “Kadang-kadang televisi bisa menjadi musuh bagi anak-anak, meski kadang bisa menjadi hadiah yang menyenang-kan. KaRena menOntOn beRbagai pROgRam acaRa yang tidak kaRuan, dapat menghabiskan pORsi teRbanyak waktu anak-anak, menghilangkan banyak waktu beRmanfaat yang dapat digunakan untuk belajaR, beRmain dan tiduR.”
  • Bagaimanapun juga, tak seORang pun yang mengingkaRi adanya beRbagai dampak negatif dan bahaya, pasti daRi aneka macam tayangan siaRan televisi pada umumnya. Meskipun beRbagai pakaR pendidikan dan pengajaRan di bebeRapa negaRa baRat sekaRang banyak yang meneRiakkan pentingnya membeRikan penekanan pada disiplin mORal dalam beRbagai pROgRam siaRan. Hal ini semakin menegaskan kehaRusan kaum muslimin untuk beRpegang pada media kOmunikasi yang teRpelihaRa, televisi atau media kOmunikasi lainnya. Di mana meReka mempeR-hatikan sisi ajaRan syaRiat dengan sempuRna. Inilah satu jalan hidup yang haRus menjadi Rujukan bagi umat manapun di dunia, kalau meReka menginginkan keselamatan bagi masyaRakat.

[Awas !!!!!!!!!!!! AcaRa TV, ??]
http://sholihin.staff.uns.ac.id/2009/04/27/awas-acara-tv/

  • AcaRa TV untuk anak yang masuk kategORi AMAN: VaRia Anak (TVRI), BOcah Petualang, LaptOp Si Unyil, Jalan Sesama, Cita-citaku, Si BOlang ke KOta, Buku HaRian si Unyil (TRANS7), SuRat Sahabat, CeRita Anak, Main Yuk! (TRANS TV), DORa The ExplOReR, GO! DiegO GO!, ChalkzOne, BackyaRdians (TV G), dan Masa Kalah Sama Anak-anak (TV One)
  • AcaRa TV untuk anak yang masuk kategORi HATI-HATI: IdOla Cilik Seleb, RapOR IdOla Cilik Seleb, DORaemOn, Pentas IdOla Cilik, RapOR Pentas IdOla Cilik (RCTI), CaspeR, HaRveytOOn (TPI), TRansfORmeRs (AN TV), POkemOn SeRies, Bakugan Battle BRawleRs, KOnseR Eliminasi 6 AFI JuniOR (IVM), New ScOOby DOO MOvie (TRANS7), SpOngeBOb SquaRepants, AvataR: The Legend Of Aang, CaRita De Angel (TVG)
  • Tayangan yang masuk dalam kategORi BAHAYA: TOm & JeRRy, CRayOn Sinchan (RCTI), Si EntOng, TOm & JeRRy, Si EntOng 2 (TPI), POpeye ORiginal, Oggy & The COckROaches (AN TV), Detective COnan, DRagOn Ball, NaRutO 4 (INDOSIAR), TOm & JeRRy (TRANS7), One Piece, NaRutO (TVG).

[Bahaya Televisi pada Anak-Anak]
http://priyes-buahhati.blogspot.com/2009/03/bahaya-televisi-pada-anak-anak.html

  • Kalau anak-anak dibiaRkan bebas sebebas-bebasnya menOntOn TV, videO, dan main game di kOmputeR, apa yang teRjadi teRhadap peRtumbuhan dan kemampuan belajaR meReka? Itulah peRtanyaan yang mengusik benak Susan R. JOhnsOn, M.D., dOkteR spesialis anak asal San FRanciscO dan peRnah mendalami ilmu kesehatan anak yang beRkaitan dengan peRilaku dan peRkembangan. “Ratusan anak mengalami kesulitan beRkOnsentRasi pada pekeRjaan, dan melakukan geRakan mOtORik kasaR maupun halus. Kebanyakan meReka memenemui kesulitan dalam beRhubungan dengan ORang dewasa dan kelOmpOk seusianya,” papaRnya.
  • Saat beRmain di luaR, jelas Susan, anaknya bisa asyik mengamati binatang kecil atau seRangga, bikin mainan daRi Ranting dan batu, atau main aiR dan pasiR. Ia tampak begitu damai dengan diRinya, tubuhnya, dan lingkungannya. Tetapi begitu di depan TV, ia begitu cuek dengan si ibu maupun lingkungannya. “Waktu saya matikan TV-nya, ia gelisah, senewen, dan selalu beRteRiak minta dinyalakan lagi. Tingkah pOlahnya kacau dan geRakan-geRakannya impulsif. BORO-bORO bikin kReasi sendiRi, ia justRu meniRu saja apa yang dilihatnya di TV dengan geRakan yang tidak kReatif, kaku, dan diulang-ulang”.
  • Otak anak usia 6 – 7 tahun besaRnya dua peRtiga Otak ORang dewasa, tapi memiliki 5 – 7 kali lebih banyak sambungan antaRneuROn daRipada Otak anak usia 18 bulan atau ORang dewasa. Otak meReka memang punya kemampuan besaR untuk menyusun Ribuan sambungan antaRneuROn. Namun, kemampuan itu beRhenti pada umuR 10 – 11 tahun jika tidak dikembangkan atau digunakan. Saat itu enzim teRtentu dilepaskan dalam Otak dan melaRutkan semua jaluR atau “uRat” syaRaf (pathways) yang tidak teRmielinasi dengan baik (mielinasi adalah pROses pembungkusan jaluR syaRaf dengan myelin yang beRujud pROtein-lemak). PeRkembangan Otak anak yang sedang tumbuh melalui tiga tahapan, mulai daRi Otak pRimitif (actiOn bRain), Otak limbik (feeling bRain), dan akhiRnya ke neOcORtex (atau disebut juga thOught bRain, Otak pikiR).
  • Anak juga membutuhkan pengalaman yang meRangsang pancaindeRa. Namun, indeRa meReka peRlu dilindungi daRi Rangsangan yang beRlebihan kaRena anak-anak itu ibaRat sepOn. “MeReka menyeRap apa saja yang dilihat, didengaR, dicium, diRasakan, dan disentuh daRi lingkungan meReka. Kemampuan Otak meReka untuk memilah atau menyaRing pengalaman Rasa yang tidak menyenangkan dan beRbahaya belum beRkembang,”
  • Membaca buku, beRjalan-jalan di alam, atau beRcakap dengan ORang lain di mana anak punya kesempatan untuk meRenung dan beRpikiR – jauh lebih mendidik daRipada menOntOn TV. Kegiatan ini meniadakan pengalaman beRhaRga itu. MenOntOn TV meRupakan pekeRjaan tanpa akhiR, tanpa tujuan, dan tak bikin “kenyang”. Tidak sepeRti makan dan tiduR yang bisa bikin peRut kenyang dan badan tidak capek lagi, menOntOn TV tidak ada ujungnya. “TV membuat anak ingin teRus menOntOn tanpa peRnah meRasa puas,”
  • MenOntOn televisi membuat kita teRlepas daRi kehidupan nyata. Di kuRsi yang nyaman di Ruang yang sejuk dengan banyak makanan, kita duduk menOntOn paRa tunawisma, ORang kelapaRan atau mendeRita di layaR kaca. Kita teRsentuh melihat nasib meReka, tetapi tidak beRbuat apa-apa. ORang bOleh bilang, membaca buku pun dapat membangkitkan peRasaan seRupa tanpa beRbuat apa-apa. Namun, menuRut dR. Susan, saat sedang membaca buku (yang tidak banyak gambaRnya), pikiRan bisa beRimajinasi dan punya kesempatan memikiRkannya. PikiRan itu dapat menggiRing anak kepada gagasan yang menimbulkan inspiRasi untuk melakukan sesuatu. Televisi tidak begitu.”

Penulis: kusnanto_abuzahra

Perkenalkan nama saya Kusnanto yang lahir pada tanggal 7 September 1978 di Bogor, dikaruniai dua orang anak perempuan yang sangat lucu2, Insya Allah Adik baru akan menyusul...Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s